Minggu, 27 Desember 2015

tugas shorof UIN SALATIGA



TUGAS SHOROF



Nama             : Siti Dewi Lailatul Zahroh
NIM                : 53040150015
FAKULTAS USHULUDDIN, ADAB, DAN HUMANIORA
JURUSAN BAHASA DAN SAST



Kata Pengantar
بسم الله الرحمن الرحيم
الحمدلله رب العالمين.والصلاةوالسلام علي اشرفالمرسلين.وعلي اله وصحبه اجمعين.امابعد :
Alhamdulillah dengan rasa syukur kehadirat Allah SWT yang dengan rahmat dan inayah-Nya,kami telah menyelesaikan tugas ” ILMU SHOROF” sebagai tugas Ujian Akhir Semester.
Kami berharap, semoga tugas ini dapat bermanfaat bagi pembaca.Akhirnya, kami memohon ampunan  kepada allah SWT atas segala kesalahan kami.

والله ولي التوفيق












2

PENDAHULUAN

بسم الله الررحمن الرحيم
وبه نستعين علي أمورالدنىاوالدين
Alhamdulillah, dengan memanjatkan puja dan puji syukur kehadirat Allah SWT atas selesainya “ Tugas Shorof” ini. Sholawat dan salam semoga tetap tercurah kepada junjungan kita Nabi Muhammad Saw, kepada keluarganya, sahabatnya, serta seluruh umatnya hingga akhir zaman.
Shorof merupakan salah satu alternatif metode belajar bahasa arab dengan pendekatan tasrif yang menjamin sistem saling menguntungkan baik guru maupun murid karena keduanya sama-sama aktif.
Pada tugas ini saya membahas tentang bab بحرفين(انفعل- ينفعل) dan (افتعل-يفتعل) . Kami berharap dapat memberi manfaat kepada para pembaca.
Akhirnya, atas segala kesalahan yang banyak di temukan di sana-sini kami mohon agar dibetulkan sebagaimana mestinya. Demikian pula atas saran maupun usul perbaikan untuk penyempurnaan lebih lanjut yang di sampaikan kepada kami, benar-benar menjadi sesuatu yang kami harapkan.







3
فهرس

Kata Pengantar..................................................................................              2
Pendahuluan.....................................................................................   3
Daftar isi...........................................................................................   4
Bab I :          انفعل – ينفعل .............................................................................   5
Contoh انفعل ......................................................................................   6
Bab II : ينتفعل – انتفعل.................................................................    7
Contoh انتفعل.....................................................................................    8
Kesimpulan.....................................................................................      9
Daftar Pustaka................................................................................    10











4


Bab I : انفعل-ينفعل
Fi’il yang diikutkan wazan ini mempunyai arti :
1.     لمطاوعة فعل : menjadi مطاوعة nya فعل seperti كسرت فانكسر الزجاج(saya memecah kaca maka menjadi terpecah di dalam bahasa arab lafadh انفعل tidak berlaku menjadi مطاوعة nya أفعل , kecuali lafadh syadz seperti فانزعج أزعجه(saya menggoyang-goyangkannya maka menjadi bergoyang)

Keterangan :
Lafadh yang di perbolehkan  mengikuti wazan  انفعل adalah lafadh yang boleh di buat yang mempunyai arti di kerjakan dengan tangan serta berkaitan dengan lainya. Maka lafadh علم tidak boleh mengikuti wazan ini seperti :المسألة فانعلمت علمت , begitu pula lafadh  ظنّsepertiالأمرفانظنّ  ظننت.














5

Contoh yang mengikuti wazan انفعل :
1.     ماَزِلْتُ مُحِبّاًفِيْكَ اِلَي اِنْطَفَأَ (Aku tidak akan pernah berhenti mencintaimu sampai mati)
2.     اِنْدَفَعَ الْماَءُ (Air itu terdorong)
3.     اِنْتَبَهْتُ للِدَّرْسِ (Aku perhatikan pelajaran itu)





























6
Bab II : افتعل- يفتعل
 Fi’il yang mengikuti wazan ini mempunyai arti :
1.     المطاوعة فعل seperti : جمعت الغنم فاجتمع (saya mengumpulkan kambing maka menjadi terkumpul)
2.     لاتخادالفعل من الإسم : membuat fi’il dari isim seperti : اختبز (dia membuat roti) dari lafadh خبر
3.     للمبالغة في المعني : untuk menyangatkan dalam maknanya seperti : اكتسب (ia sangat giat bekerja)
4.     للطلب : mencari , seperti كتدطلحةزبيررا (Tolhah mencari Zubair dengan susah payah)
5.     ويكون بمعني فعل : terkadang mempunyai makna فعل seperti :  اجتذب سائق عربة sama جذب سائق عربة(kusir itu menarik gerobaknya).
6.      ويكون بمعني تفاعل seperti :الرجلان اختصم sama dengan خاصم الرجلان (dua orang itu saling berbantahan).


















7
Contoh yang mengikuti wazan افتعل:
1.اِرْتَفَعَتِ الرَّايَةُ (Bendera itu terangkat)
2. اِخْتَبَرْتُ الصَّدِيْقَ (Aku menguji teman)
3.  السَّلَّةَمِنَ التِّيْنِ بِثَمَنٍ قَلِيْلٍاِشْتَرَيْتُ (Aku membeli periuk dari tanah dengan harga murah)





























8
Kesimpulan :
·        Apabila ada fa’ fi’il yang mengikuti wazan افتعل berupa huruf itbaq (أطباق) yaitu : ظ,ط,ض,ص maka تاء yang mengikuti wazan افتعل di ganti dengan طاء contohnya : اِصْتَبَرَ menjadi اِصْطَبَرَ .
·        Begitu pula apabila fa’ fi’il yang mengikuti wazan افتعل berupa huruf ز,ذ,د maka تاء yang mengikuti wazan افتعل diganti dengan د ,contohnya : اِزْتَجَرَmenjadi اِزْدَجَرَ
·        Apabila fa’ fi’il yang mengikuti wazan اِفْتَعَلَ berupa huruf و,ي,ث maka diganti dengan تاء kemudian diidghamkan.Contohya : اِوْتَصَلَ  - اِتْتَصَلَ اِتَّصَلَ  -



 
(1)Syeikh Muhammad Aleisy, Al Hall al Ma’qud lin Nadzm al Maqsud, (semarang, Toha Putra, tt) hlm 49
(2)Mundzir Nadzir, Qawa’id al i’lal, (Surabaya, Maktabah Ahmad bin Nabhan wa awladih, tt.) hlm 24-28
(3)Ibid,... hlm.28-29
(4)Ibid,.... hlm 29-30

















9
Daftar pustaka

·        Alisy, Syeikh Muhammad, Al Hall al Ma’qud Min an Nadzm al maqsud, Semarang,Toha Putra, tt.
·        Abdul Hamid, Muhammad Muhyidin, Durus at Tasrif, Mesir, Maktabah at Tijariyah al Kubra, 1931
·        Bajuri, KH Humam, Ilmu AS Shorf, Yogyakarta,Pondok Krapyak, 1985
·        Dahdah,Antoine, Mu’jam Qowaid al Lughah al Arabiyyah Fi Jadawil Wa Lawahat , Beirut al Maktabah al ‘Ashriyyah, 1973, cet XII,Juz II.



















Tidak ada komentar:

Posting Komentar